Setting classpath JAVA

Buat yang baru belajar java pernah gak ketika kita ingin mencompile program java trus kok tiba-tiba muncul pesan error..
waduh aku pas pertama kali lumayan pusing juga gmn caranya biar gak error padahal codingnya udah bener (he..he.. maaf yah kalo agak katrok maklum blum pernah pake java sebelumnya, hiks..)..
setelah cari tahu di om google eh ternyata ketemu caranya masalahnya cuma ada di classpath...
aku ambil contoh yah kalo kita lagi mau compile file *.Java misalkan di folder D:Javaku
caranya kita harus setting classpathnya dulu agar kita dapat mengeksekusi sekaligus mencompile program kita dari forlder ini (D:Javaku),,, gimana cara nyettingnya yah???
gampang kug .
1. cari file autoexec.bat di drive c: kalo gak ketemu dibuka hidennya ajah.. :-)
trus coppy script ini di autoexec.bat

set PATH=C:\progra~1\java\jdk1.5.0\bin;%PATH%
set CLASSPATH=.;D:\javaCode

trus simpen dech..

oy versi JDK-nya jangan lupa disesuaikan yah.. kalo aku pake "jdk1.6.0"

udah gitu ajah.. sekarang program bisa di compile dan gak akan error lagi..

Wallahua'alam...


0 komentar to "Setting classpath JAVA"

Posting Komentar

Contact Me

Anda Pengunjung ke :

My Profile

Foto saya
Malang, Jawa Timur, Indonesia
Aku adalah dari kekosongan menuju kesempurnaan..

Pengikut

Web hosting for webmasters